Jumat, 25 November 2016

ANAK BERBAKAT ISTIMEWA - GIFTED


anak berbakat istimewa,anak berbakat istimewa perlu pendidikan khusus,ciri anak berbakat istimewa,anak unggul dan berbakat istimewa,anak cerdas berbakat istimewa,karakteristik anak berbakat istimewa,pengertian anak berbakat istimewa,penyebab anak berbakat istimewa,anak cerdas dan berbakat istimewa,anak cerdas istimewa berbakat istimewa,layanan psikologi,layanan psikologi di indonesia,layanan psikologi anak,layanan psikologi adalah,layanan biro psikologi,biaya layanan psikologi,layanan psikologi di malang,layanan psikologi indonesia,layanan jasa psikologi

ANAK BERBAKAT ISTIMEWA - GIFTED

Layanan Psikologi TIPS. Keberbakatan seperti intelegensi tidak mudah untuk diukur. Terjadi perbedaan tentang siapa yang bisa disebut berbakat dan dengan dasar apa orang tersebut dianggap berbakat. Hal lain yang membingungkan adalah kreatifitas dan bakat seni seringkali dipandang sebagai aspek keberbakatan, tetapi kadang-kadang dianggap independent.

Banyak istilah keberbakatan yang digunakan dalam bidang psikologi, salah satunya adalah Gifted. Gifted ditunjukkan untuk anak didik atau siswa yang memiliki kemampuan akademis yang tinggi, yang ditandai dengan didapatkannya skor IQ yang tinggi pada pengerjaan tes kecerdasan/intelegensi (terkait: IQ Tidak Sama dengan Kecerdasan).

Anak Gifted diklasifikasikan menjadi dua golongan. Gifted pertama extreemely Gifted child (genius) dengan taraf intelegensi 160-200. Gifted kedua, superior child yang mempunyai taraf integelensi 125-160. Ciri Atau karakteristik anak yang masuk dalam kategori Gifted ialah:
  • Kaya akan perbedaharaann kata, kemampuan berbahasa yang tinggi, dan keterampilan membaca di atas rata-rata.
  • Kaya akan pengetahuan umum mengenai dunia
  • Kemampuan belajar lebih cepat, mudah, dan mandiri dibandingkan teman-teman sebayanya
  • Proses kognitif dan strategi belajar yang lebih canggih dan efisien
  • Fleksibilitas yang lebih besar dalam hal gagasan dan pendekatan terhadap tugas
  • Standar performa yang tinggi (kadang kala terlalu perfeksionis)
  • Konsep diri yang positif, khususnya dalam kaitan dengan usaha-usaha akademis
  • Perkembangan sosial dan penyesuaian emosi diatas rata-rata (meskipun beberapa siswa berbakat yang ekstrem mungkin mengalami kesulitan karena mereka sangat berbeda dari teman-teman sebayanya).
  • Mempunyai daya ingat jangka panjang yang kuat.
  • Mampu menangkap ide-ide abstrak dalam konsep matematika dan sains.
  • Memiliki kemampuan membaca yang sangat cepat.
  • Banyak gagasan dan mampu menginspirasi orang lain.
  • Memikirkan sesuatu secara kompleks, abstrak, dan dalam.
  • Memikirkan gagasan atau persoalan dalam waktu bersamaan dan cepat mengaitkan satu dengan lainnya.

Faktor penyebab Anak Cerdas Istimewa/Berbakat  Istimewa (Gifted) yaitu:
  • Hereditas
Hereditas ialah faktor yang warisan orang tua, meliputi kecerdasan, kreatif produktif, kemampuan memimpin, kemampuan seni dan psikomotor. Dalam diri seseorang telah ditentukan adanya faktor keturunan yang ada setiap orang, dan bakat turunan tersebut juga berbeda setiap orangnya. Namun Scarr Salaptek serta U.Branfenbrenner menyatakan saat ini tidak ada kesangsian mengenai faktor genetika mempunyai andil yang besar terhadap kemampuan mental seseorang.
  •  Lingkungan
Lingkungan mempunyai peran yang sangat besar dalam mempengaruhi keberbakatan seorang anak. Seorang anak yang memiliki bakat disuatu bidang, memerlukan perhatian dan dukungan dari lingkungannya seperti, masyarakat tempat dia bersosialisasi, keluarga tempat ia menjalani kehidupan berkeluarga, tempat dia menjalani kehidupan dan mengembangkan keberbakatan itu dapat membantunya dalam mencapai atau pun memaksimalkan bakatnya tersebut.

Dalam mengidentifikasikan anak Gifted, Renzulli memiliki beberapa cara berikut :
  • Pendekatan Psikometri
Pendekatan psikometri yaitu suatu teknik yang digunakan untuk melakukan penilaian dan pengukuran aspek psikis, antara lain dengan tes intelegensi, tes prestasi belajar, tes bakat dan kemampuan khusus yang meliputi kreativitas, penalaran, bakat mekanik, angka–angka dan kemampuan–kemampuan verbal. Penyusunan alat harus melalui uji coba dan penelitian yang cermat, sehingga validitas dan reliabilitas alat tersebut cukup mantap, serta digunakan secara benar, bertanggung jawab oleh ahli–ahli yang sudah terdidik dan berwenang untuk melakukan itu.
  • Hal–Hal Yang Terlihat Dalam Perkembangan

Identifikasi bisa dilakukan oleh guru atau orang tua yang mengamati dan mencatat adanya perkembangan yang berbeda dibanding pada umumnya, karena lebih cepat. Dalam perkembangan, ada tempo perkembangan dengan akselerasi sesuai dengan keadaan dan kematangannya. Akselerasi perkembangan pada mereka yang berbakat luar biasa lebih cepat dibanding pada umumnya, ini dikenal dengan terminologi prekositas. Prekositas meliputi banyak aspek perkembangan, banyak ahli menghubungkan antara prekositas ada aspek fisik (seperti tinggi dan berat badan) dan prekositas pada aspek mentalnya.
  • Penampilan Yang Meliputi Prestasi dan Perilaku
Pengamatan pada perilaku keberbakatan yang luar biasa, dapat dilakukan terhadap ekspresi, minat, dan perhatiannya yang besar terhadap suatu hal yang khusus atau suatu bidang studi, aktivitas, ekstrakurikuler, kesenian, tulisan, mengarang, dan kejadian–kejadian di lingkungannya. Ini disertai oleh keinginan–keinginan untuk melakukan atau memperoleh sesuatu lebih dari porsi pada umumnya, serta untuk mendapat hasil sebaik–baiknya dan setinggi–tingginya.
  • Pendekatan Sosiometri
Identifikasi bakat dapat dilakukan dengan cara tidak formal oleh lingkungan permainan, lingkungan sosial, organisasi maupun pergaulan yang mengamati dan menilai adanya bakat anak yang luar biasa, dan karena itu bisa pula memperlakukan mereka secara khusus, misalnya sebagai tempat bertanya, atau kalau kapasitas kepemimpinannya menonjol, bisa dimanfaatkan oleh lingkungannya.

Kami juga menyediakan jasa layanan Konsultasi Training Motivasi Malang, Outbound Malang, Batu Rafting, kaliwatu Rafting, Wisata Malang, Travel dan Hotel di Malang Jatim dan lainnya. Untuk info selengkapnya silahkan anda bisa hubungi kontak yang ada dibawah ini:
JAKARTA          
Jl. Rawamangun Muka Raya No. 5 RT. 4 RW. 14 Rawamangun – Jakarta Timur 13220
Mobile: 081 334 664 876 / 085 311 091 054
SURABAYA
Jl. Nginden Semolo 44 Surabaya
Mobile: 087 836 152 078 / 085 755 059 965
MALANG
Perum Taman Landungsari Indah N1 Malang
Mobile : 085311091054/087836152078/085855494440
No. Telp : 0341 5032699
Pin BB : 5E0C2C45
Email :
indonesiasukses@yahoo.com
indonesia.tips@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar