Senin, 14 November 2016

PERIODE EMAS PADA ANAK

periode emas anak usia dini,periode emas anak adalah,periode emas anak,periode emas perkembangan anak,pengertian periode emas anak,kapan periode emas anak,periode emas tumbuh kembang anak,pengertian periode emas pada anak,periode emas pertumbuhan anak,usia periode emas anak,usia berapa periode emas anak,layanan psikologi,layanan psikologi anak,layanan psikologi adalah,layanan biro psikologi,biaya layanan psikologi,layanan jasa psikologi,jenis layanan psikologi,layanan psikologi klinis,layanan konsultasi psikologi

PERIODE EMAS PADA ANAK 

Periode Emas  (Golden Age). Seorang anak memiliki keistimewaan yang berbeda-beda, dan dalam menghadapi seorang anak tentunya dibutuhkan kesabaran yang ekstra untuk mendidiknya. Salah satu cara mendidik anak yang baik adalah dengan menerapkan kedisiplinan tanpa  menghukumnya secara berlebihan saat anak melakukan kesalahan. Untuk menegakkan kedisiplinan tersebut, orangtua dapat memulainya dengan membuat perjanjian kecil dengan sang anak agar mengerti mana hal yang baik dan benar, namun dengan cara yang tidak menyinggung mereka.Selain kedisiplinan sangat penting bagi orangtua untuk menjaga komunikasi, bersabar dan lebih memberikan kasih sayang pada sang anak, serta mencurahkan perhatian terhadap semua tingkah lakunya agar tetap berada dalam kontrol.
Periode Emas ialah suatu periode yang sangat vital atau penting dalam suatu siklus. Periode Emas pada anak yaitu masa-masa penting dimana otak atau kecerdasan anak sangat berkembang pesat. Pengertian Periode Emas adalah tahap yang paling cepat dan paling kritis dalam perkembangan otak. Terjadi pada trimester ketiga kehamilan dan seleai diantara ulang tahun kedua dan ketiga seorang anak, pada periode ini kemampuan otak anak untuk menyerap informasi sangat tinggi. 
Periode Emas merupakan masa pertumbuhan dan  perkembangan anak yang sangat pesat. Pada masa inilah, peran orang tua dituntut untuk bisa mendidik dan mengoptimalkan kecerdasan yang dimiliki seorang anak baik secara intelektual, emosional dan spriritual. Beberapa cara dalam memberikan stimulasi/rangsangan anak pada. Berikut beberapa cara agar kecerdasan yang mereka miliki dapat bekerja secara optimal pada Periode Emas
  • Pengalaman di alam terbuka
Dalam mengamati alam seorang anak akan melakukannya lebih detail, karena dengan mengamati mereka akan belajar lebih banyak. Dengan rasa ingin tau yang tinggi maka  orang tua bisa membantu dengan cara bercerita tetang alam dan binatang. Ketika anak mulai bertanya maka jawablah  pertanyaan tersebut dengan bahasa yang sederhana.
  • Mengamati dan meniru Maka
Kebanyakan anak suka mengamati dan meniru apa yang ada di lingkungannya. Maka sebagai orang tua hal yang bisa dilakukan adalah menstimulasi mereka dengan teladan yang baik, karena apa yang dilakukan orang tua kebanyakan anak akan mengikutinya.
  • Jangan berikan target
Kalau anak diberikan standar harus bisa membaca pada usia sekian, maka anak akan berusaha menyenangkan orang tuanya walaupun hati mereka tidak bahagia.
  • Pujian atas usahanya
Berikan mereka reward atas usaha yang telah mereka berikan dengan hal yang ber-manfaat, misalnya dengan mengajak mereka  jalan-jalan ke toko buku, taman pintar,water boom dan lain-lain
  • Mainan yang bermanfaat bagi perkembangan keterampilan anak
Bermain adalah salah satu bentuk stimulasi yang dapat mengembangkan kemampuan motorik anak. Orangtua perlu sering mengajak anak bermain agar kecerdasannya terlatih. Kecerdasan dalam hal mengoordinasikan otak, otot, dan jaringan saraf dalam menggerakkan otot secara efektif untuk melakukan sesuatu sesuai dengan keinginannya. Usahakan memberi variasi permainan dan orangtua melibatkan diri secara langsung dalam permainan. Perlu diingat juga,  jangan selalu melarang anak melakukan aktivitas sepanjang tidak berbahaya.
  • Kasih sayang
Memberi kasih sayang dan rasa aman pada anak sehingga mereka pun akan sanggup memberi kasih sayang pada sesamanya. Interaksi orangtua dengan penuh kasih sayang dapat merangsang imajinasi dan gagasan kreatif anak. Di masa periode emas ini jika peran orang tua membahagiakan dalam kehidupan mereka, memori ini akan terkenang selamanya dan membawa pengaruh  positif di kehidupan dewasa mereka kelak.
Dalam Periode Emas, anak harus latihan untuk menggunakan kecerdasannya secara menyeluruh. Semakin luas wilayah atau lingkungan tempat anak belajar maka ia belajar banyak hal yang akan dibutuhkan untuk perkembangan mental, otak dan fisiknya. Buatlah lingkungan di sekitar anak  adalah lingkungan yang sehat. Pastikan bahwa keluarga terdekat mendukung dan melakukan hal-hal positif karena anak belajar dengan meniru dan mengamati. Jika anak mampu belajar berbagai macam hal baik dari lingkungan, biasanya ia akan meniru apa yang diamatinya itu.
Untuk pemesanan rafting di Songa Rafting ProbolinggoRafting Kasembon MalangRafting Kaliwatu BatuBatu Alam RaftingPacet Rafting, Kediri Rafting dan rafting di daerah yang lain. Untuk konsultasi Training Motivasi MalangOutbound MalangWisata Malang, Travel di Malang dan Hotel di Malang Jatim yang sesuai dengan kebutuhan tim Anda, Silahkan menghubungi office kami untuk informasi lebih lanjut:Silahkan menghubungi office kami untuk informasi lebih lanjut:
MALANG
Perum Landungsari Indah N1 Malang
Mobile: 085 755 059 965 /  085 791 320 238
Telp. (0341) 5032699
PIN: 5E0C2C45
SURABAYA
Jl. Purwodadi 2 No 54B
Mobile: 082 231 080 521 / 081 334 664 876
JAKARTA
Jl. Rawamangun Muka Raya No. 5 RT. 4 RW. 14 Rawamangun – Jakarta Timur 13220
Mobile: 081 334 664 876 /  085 855 494 440
Email :
indonesiasukses@yahoo.com
indonesia.tips@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar