Selasa, 27 Desember 2016

MENUMBUHKAN RASA EMPATI PADA ANAK SEJAK DINI


rasa empati pada anak,rasa empati pada anak usia dini,menanamkan rasa empati pada anak,menumbuhkan rasa empati pada anak,cara menumbuhkan rasa empati pada anak,layanan psikologi,layanan psikologi anak,layanan psikologi adalah,layanan biro psikologi,biaya layanan psikologi,layanan psikologi di malang,layanan jasa psikologi,jenis layanan psikologi,layanan psikologi klinis,layanan konsultasi psikologi,kasus layanan psikologi

RASA EMPATI PADA ANAK  SEJAK DINI 

Layanan Psikologi TIPS. Banyak orang tua yang berusaha membekali anaknya dengan Rasa Empati sejak kecil. Menumbuhkan Rasa Empati harus dimulai sejak dini, baik di dalam keluarga maupun di luar rasa empati sangatlah penting. Keadaan lingkungan akan mempengaruhi pertumbuhan Rasa Empati anak, lingkungan yang penuh cinta dan rasa aman akan menjadi salah satu syarat tumbuhnya Rasa Empati. Jika seorang anak tumbuh dilingkungan yang keras maka Rasa Empati tersebut tidak akan tumbuh.  

Rasa Empati ialah kemampuan untuk merasakan apa yang diraksakan oleh orang lain. Kemampuan yang seperti ini harus dimiliki oleh seorang anak, maka dari itu orang tua harus bisa membekali anaknya dengan Rasa Empati.  Ketika anak-anak bisa berempati pada sesama, ia akan tumbuh menjadi seseorang yang berjiwa besar dan peduli akan lingkungan. Ia akan memiliki kepribadian yang baik.

Seorang anak yang memiliki Rasa Empati tinggi maka di dalam dirinya akan terdapat sikap-sikap yang positif  seperti, selalu memelihara sikap dan kata-katanya, gemar menolong orang lain, tidak  semena-mena kepada orang lain dan sesama makhluk hidup. Selain itu, dengan adanya Rasa Empati di dalam diri anak maka akan bermanfaat bagi kecerdasannya. Karena Rasa Empati dapat meningkatkan kecerdasan interpesonal anak.

Anak laki-laki yang tumbuh dengan memiliki Rasa Empati maka ia akan menjadi pribadi yang memahami perasaan orang lain, memudahkan ia untuk berteman, dan kelak akan menjadi suami atau ayah yang baik. Bagi anak perempuan yang memiliki Rasa Empati akan menjadikan ia sahabat yang menyenangkan dan kelak menjadi ibu yang baik. Maka Rasa Empati yang dimiliki seorang anak sangat penting bagi kehidupannya kelak. Berikut beberapa cara menumbuhkan Rasa Empati pada anak:  
  • Mempraktikkan pada anak secara langsung. Orang tua bisa membiasakan kepada anaknya untuk saling tolong menolong. Seperti memberi kepada orang-orang yang kurang beruntung.
  • Memulai orang yang terdekat. Membiasakan anak untuk tidak selalu bergantung pada orang-orang terdekatnya, misalnya kepada pengasuhnya. Selama hal itu bisa dilakukan oleh anak, maka mintalah ia untuk melakukannya sendiri. Selain itu, mengajarkan kepada anak untuk berbagi kepada orang-orang terdakatnya.
  • Memanfaatkan momen khusus. Momen anak seperti ulang tahun dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk menumbuhkan rasa empati. Misalnya mengadakan pesta ulang tahun dengan cara berbagi di Panti Asuhan. Anda bisa memberikan sedikit penjelasan tentang keadaan panti asuhan, maka dengan seperti itu tumbuhlah rasa bersyukur anak atas apa yang ia miliki.
  • Mengajak anak melihat lingkungan sekitar. Sesekali mengajak anak untuk berkeliling melihat sekita rumahnya yang tidak seberuntung dirinya. Biarkan ia melihat langsung, ada orang-orang yang harus tinggal di tempat-tempat yang tidak layak ditinggali. Kebiasaan melihat penderitaan orang lain akan melembutkan hatinya sejak kecil.


Untuk konsultasi Training Motivasi MalangOutbound MalangBatu alam RaftingKaliwatu RaftingWisata Malang, Travel dan Hotel di Malang Jatim yang sesuai dengan kebutuhan tim anda, Silahkan menghubungi office kami untuk informasi lebih lanjut :
JAKARTA 
Jl. Rawamangun Muka Raya No. 5 RT. 4 RW. 14 Rawamangun – Jakarta Timur 13220
Mobile: 085 311 091 054 / 081 334 664 876 
SURABAYA 
Jl. Purwodadi 2 No. 54B Surabaya
Mobile: 087 836 152 078 / 085 755 059 965 
MALANG
Perum Taman Landungsari Indah N1 Malang 
Mobile : 082 231 080 521 / 085 791 320 238
No. Telp : 0341 5032699 
Pin BB : 5E0C2C45 
Email :indonesiasukses@yahoo.comindonesia.tips@gmail.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar