Minggu, 18 Desember 2016

PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

psikologi industri dan organisasi,psikologi industri dan organisasi adalah,psikologi industri dan organisasi di indonesia,psikologi industri dan organisasi analisis jabatan,artikel psikologi industri dan organisasi,areapsikologi industri dan organisasi,aplikasi psikologi industri dan organisasi dalam pekerjaan,apa itu psikologi industri dan organisasi,bidang psikologi industri dan organisasi,bagian psikologi industri dan organisasi,latar belakang psikologi industri dan organisasi,layanan psikologi,layanan psikologi di indonesia,layanan psikologi anak,layanan psikologi adalah,layanan biro psikologi,biaya layanan psikologi,contoh layanan psikologi,layanan psikologi di malang,layanan psikologi indonesia

PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Layanan Psikologi TIPS. Psikologi Industri dan Organisasi ialah suatu bidang penerapan Ilmu Psikologi pada masalah individu dalam perusahaan yang secara khusus menyangkut penggunaan sumber daya manusia dan perilaku organisasi.  Psikologi Industri dan Organisasi mengacu pada proses perilaku pada suatu organisasi, misalnya ketika mengevaluasi hubungan seseorang dengan pekerjaan mereka. Mereka menganalisis cara seseorang bekerja, keterampilan mereka, tugas, kewajiban, dan kepuasan dengan pekerjaan mereka sehari-hari.
Salah satu yang paling menarik dari Psikologi Industri dan Organisasi adalah bagaimana perilaku karyawan mempengaruhi individu lain pada pekerjaan dan organisasi secara umum. Psikologi Industri dan Organisai dapat digunakan untuk mengurangi perilaku kontraproduktif, meningkatkan efektivitas tim, dan meningkatkan semangat. Hal ini juga penting dalam resolusi konflik. Banyak orang merasakan ketidakpuasan kerja yang berakar pada hubungan mereka dengan manajer dan rekan.
Objek kajian Psikologi Industri dan Organisasi ialah:
  • Motivasi kerja
Psikologi Industri dan Organisasi menganalisis pola interaksi individu dalam sebuah perusahaan. Terkait interaksi tersebut akan dianalisis apa yang membuat karyawan termotivasi atau kehilangan motivasi. Oleh karena itu, perusahaan akan selalu berusaha memenuhi kebutuhan karyawan agar terus termotivasi untuk bekerja. Motivasi biasanya berkaitan erat dengan produktivitas.
  • Stres kerja
Tingkat stres dalam lingkungan kerja tentu sangat tinggi. Pemicunya adalah situasi tempat kerja, rekan kerja, pimpinan, beban pekerjaan dan masih banyak lagi. Stres kerja ini bisa mendatangi siapa saja dan kapan saja. Oleh karena itu biasanya kantor di desain senyaman mungkin dengan fasilitas lengkap, perekrutan pegawai yang kompeten, dan lain sebagainya agar dapat meminimalisir terjadinya stres kerja bagi karyawan.
  • Seleksi pegawai
Seleksi pegawai tidak terlepas dari Tes Psikologi. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan karyawan yang mempunyai kredibilitas kerja yang baik, kuat secara mental dalam menghadapi dunia kerja. Melalui tes psikologi maka akan ditemukan karyawan yang siap secara psikologis yang produktif.
  • Produktivitas
Psikologi Industri dan Organisasi juga mengkaji produktivitas karyawaan. Melalui psikologi maka akan dapat diperolej alasan seorang karyawan mengalami penurunan dan peningkatan produktivitas. Biasanya karyawan yang mengalami peningkatan produktivitas adalah karyawan yang memiliki semangat kerja yang baik begitu pun sebaliknya.
  • Pengambilan keputusan kelompok
Bagian ini akan ditemukan dalam rapat-rapat tertentu yang melibatkan sebagian atau keseluruhan karyawan. Pengambilan keputusan kelompok ini sangat penting karena berhubungan erat dengan motivasi kerja, dan produktivitas. Pengambilan keputusan kelompok yang salah satu atau beberapa karyawan akan mengalami penurunan motivasi kerja yang berdampak buruk bagi produktivitasnya.
  • Kesejahteraan karyawan
Hal yang tidak bisa dinafikan dalam Psikologi Industri dan Organisasi adalah tingkat kesejahteraan karyawan. Bagaimana pun juga seorang menjadi karyawan karena mengharapkan pemenuhan kesejahteraan yang memadai. Apabila hal ini diperhatikan dengan baik maka motavasi kerja karyawan akan terbangun dan hasilnya adalah produktivitas yang baik.
Secara umum berbagai teori, metode dan pendekatan Psikologi dapat dimanfaatkan di berbagai bidang dalam iIndustri dan Organisasi.  Psikologi Industri dan Organisasi memberikan peran penting pada area-area seperti pengembangan manajemen SDM (rekrutmen, seleksi dan penempatan, pelatihan dan pengembangan), motivasi kerja, moral dan kepuasan kerja. Selain itu, Psikologi Industri berperan penting pada desain struktur organisasi dan desain pekerjaan, serta peran psikolog yang ada di industri  menangani individu-individu yang mengalami masalah-masalah psikologis melalui employees assistant program (EAP) atau pun klinik-klinik yang dimiliki oleh perusahaan. Penanganan individu yang mengalami masalah psikologis sangat besar pengaruhnya terhadap produktivitas dan kinerja perusahaan. Hal tersebut sangat wajar mengingat perusahaan digerakan oleh  beberapa individu yang saling berinteraksi di dalamnya.
Bagaimana Psikologi berperan pada perusahaan, menurut John Miner dalam bukunya Industrial-Organizational Psychology (1992) beberapa peran Psikologi dalam sebuah industri ialah:
  • Terlibat Dalam Proses Input : melakukan rekrutmen, seleksi, dan penempatan karyawan.
  • Berfungsi Sebagai Mediator Dalam Hal yang Berorientasi Pada Produktivitas: melakukan pelatihan dan pengembangan, menciptakan manajemen keamanan kerja dan teknik-teknik pengawasan kinerja, meningkatkan motivasi dan moral kerja karyawan, menentukan sikap-sikap kerja yang baik dan mendorong munculnya kreativitas karyawan..
  • Sebagai Mediator yang Ber-orientasi Pemeliharaan: melakukan hubungan industri (pengusaha-buruh-pemerintah), memastikan komunikasi internal perusahaan berlangsung dengan baik, ikut terlibat secara aktif dalam penentuan gaji pegawai dan bertanggung jawab atas dampak yang ditimbulkannya, pelayanan berupa bimbingan, konseling dan therapi  bagi karyawan-karyawan yang mengalami masalah-masalah psikologis
  • Terlibat Dalam Proses Output: melakukan penilaian kinerja, mengukur produktivitas perusahaan, mengevaluasi jabatan dan kinerja karyawan.
Untuk konsultasi Training Motivasi MalangOutbound MalangBatu alam RaftingKaliwatu RaftingWisata Malang, Travel dan Hotel di Malang Jatim yang sesuai dengan kebutuhan tim anda, Silahkan menghubungi office kami untuk informasi lebih lanjut :
JAKARTA
Jl. Rawamangun Muka Raya No. 5 RT. 4 RW. 14 Rawamangun – Jakarta Timur 13220
Mobile: 085 311 091 054 / 081 334 664 876
SURABAYA
Jl. Purwodadi 2 No. 54B Surabaya
Mobile: 087 836 152 078 / 085 755 059 965
MALANG
Perum Taman Landungsari Indah N1 Malang
Mobile : 082 231 080 521 / 085 791 320 238
No. Telp : 0341 5032699
Pin BB : 5E0C2C45
Email :
indonesiasukses@yahoo.com
indonesia.tips@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar